Thursday, January 5, 2017

Ringkasan Sejarah Komputer

Selamat datang pengunjung sekalian, post kali ini akan membahas ringkasan pendek mengenai sejarah komputer. Sejak dahulu proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. manusia juga menemukan alat-alat mekaik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan masusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.


Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.


  •  Peralatan Manual :
   yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.

  •  Peralatan Mekanik :
  yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakan dengan tangan secara manual.

  • Peralatan Mekanik Elektronik :
   Peralatan mekanik yag digerakan oleh secara otomatis oleh motor elektronik.

  • Peralatan Elektronik :
  Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolahan data pada golongan 2, 2, dan 4. Klasifikasi Komputer berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini.
Komputer Generasi Pertama
        dengan terjadinya perang dunia kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit personal komputer potensi strategis yang dimiliki komputer. pada tahun 1941, konrad zuse seorang insiyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terban dan peluru kendali, Pihak sekutu juga membuat kemajuan dalam pengembangan kekuatan komputer.

Komputer Generasi Kedua
      Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembanga komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

 Komputer Generasi Ketiga
       Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yag dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.


Komputer Generasi Keempat
      Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi jelas : mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat membuat ratusa komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Intergration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.


Komputer Generasi Kelima
       Mendifinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karea tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey.


Sekian Post kali ini semoga bermanfaat untuk pengunjung sekalian. Terima Kasih.

0 comments:

Post a Comment